top of page

Cara Melatih Burung Parkit

Cara Melatih Burung Parkit – Banyak orang yang bertanya tentang langkah-langkah melatih parkit yang sudah jinak. Ya, burung mungil yang satu ini memang disukai oleh banyak orang karena warnanya. Meski suaranya tak semerdu burung ocehan lain, namun ternyata itu bukan daya tarik utama burung parkit. Sekarang banyak orang yang mencoba untuk melatih burung parkit yang sudah jinak agar bisa melakukan beberapa trik burung.


Namun agar anda sukses melatih burung parkit, ada baiknya ada memastikan bahwa burung parkit yang anda miliki sudah jinak. Burung parkit yang sudah jinak akan lebih mudah untuk dilatih. Proses menjinakkan burung parkit juga akan membuat sang burung terbiasa dengan kehadiran sang pemilik, sehingga burung tidak berontak saat dipaksa untuk melakukan beberapa trik yang akan dilatih. Oleh karena itu, lakukan tips berikut agar burung parkit jinak kepada pemiliknya.


Setelah memastikan bahwa burung parkit sudah jinak dan tidak kabur saat dilepas di luar kandang, kini saatnya mencoba cara melatih burung parkit yang harus diterapkan secara rutin agar burung terbiasa.


Cara Melatih Burung Parkit Fly To Me

Salah satu trik dasar dalam melatih burung parkit adalah trik fly to me. Ini penting untuk memastikan agar burung tidak kabur meski dilepas di luar ruangan. Burung parkit yang sudah bisa trik fly to me memiliki resiko yang minim untuk kabur, apalagi jika burung sudah sangat bonding (jinak dan hapal) pada pemiliknya.


Untuk melatih burung parkit anakan agar mau fly to me, maka harus dibiasakan sejak kecil, yakni saat proses meloloh anakan. Anda dapat meletakkan anakan burung parkit di bagian utara dan anda ada di bagian selatan. Jika anakan parkit berlari menuju ke arah anda saat memegang spet loloh atau meniup, berarti burung sudah paham dasar trik fly to me. Saat besar, burung parkit akan terbang kea rah anda setiap anda memegang spet lolohan atau meniup peluit.


Sedangkan pada burung parkit dewasa, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena tingkat setiap burung parkit berbeda-beda. Cara melatih burung parkit fly to me, anda bisa membiarkan burung parkit dewasa puasa selama 4 jam saja. Ingat, jangan seharian karena hanya akan menyiksa burung. Saat lapar, masukkan tangan anda ke dalam kandang. Saat sudah terbiasa dengan kehadiran tangan anda, maka burung siap dilepas di luar kandang. Namun, jangan di ruangan terbuka. Mulai di kamar atau garasi rumah agar burung tidak terbang jauh.


Tips: untuk burung parkit yang dilatih fly to me, jangan sediakan pangan di dalam sangkar. Cukup air minum saja. Tapi anda harus bertanggungjawab dengan memberi makan secara rutin dengan tangan maksimal 4 jam sekali. Dan berikan makanan di dalam sangkar saat sore-pagi hari.


Teknik fly to me juga merupakan dasar cara melatih burung parkit ff atau free fly. Trik lengkapnya akan di ulas di bawah ini.


Cara Melatih Burung Parkit Free Fly

Setelah burung parkit paham dengan trik fly to me, maka anda akan lebih mudah untuk melatih trik lain. Jika burung sudah terbiasa terbang pendek di dalam kamar, ruangan atau garasi, maka kini saatnya membawa burung parkit anda ke luar ruangan. Namun, perhatikan beberapa kondisi penting ini:


  • Tempat yang Terbuka

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi lingkungan. Pastikan anda melakukan trik burung parkit free fly di tempat yang terbuka, tidak ada kabel atau pohon yang berpotensi menjadi tempat burung parkit bertengger saat terbang. Tempat yang luas juga diperlukan agar burung parkit dapat melihat anda sebagai pelatihnya.

Jika melatih burung parkit free fly bersama beberapa burung ekor lain, pastikan burung tersebut tidak bertabrakan satu sama lain. Pastikan pula burung tersebut mengenal atau setidaknya pernah dikenalkan satu sama lain.


  • Gunakan Peluit sebagai Tanda

Untuk berkomunikasi dengan burung saat terbang, anda harus menggunakan peluit. Ini merupakan interaksi yang sudah harus anda bangun saat proses menjinakkan burung parkit. Saat memberi makan burung, tiup peluit. Hal yang berulang-ulang akan menanamkan pikiran bahwa setiap peluit dibunyikan, maka parkit akan mendapat hadiah berupa makanan.


  • Tidak Ada Burung Predator


Pastikan pula tak ada burung predator seperti alap-alap atau bahkan elang yang kerap memangsa burung kecil yang terbang di sekitarnya. Beberapa orang sering menerbangkan burung di atas bukit, dimana ada beberapa burung predator yang bisa memangsa kapan saja.


  • Cuaca

Cuaca juga berpengaruh terhadap kondisi fisik parkit. Jika ingin melakukan trik free fly, pastikan cuaca tidak terlalu panas. Hawa panas akan menguras fisik burung, apalagi jika sebelumnya belum diberi makanan yang cukup. Jika hujan turun, segera kandangkan burung karena burung parkit tidak bisa terbang dengan kondisi bulu yang basah.


Dengan memperhatikan hal di atas, cara melatih burung parkit ff dapat berjalan dengan lancar. Burung parkit kerap terbang melingkar, bukan lurus. Ini merupakan kesalahan yang sering dilupakan oleh pemilik hingga akhirnya burung pun terbang tinggi dan tidak kembali lagi.


Cara Melatih Burung Parkit Bicara

Sebenarnya agak sulit untuk melatih burung parkit bicara karena pada dasarnya, volume otak parkit tidak sebesar jenis burung paruh bengkok lain yang dapat menirukan berbagai suara. Namun tidak usah khawatir karena sebenarnya ada cara melatih burung parkit atraksi, seperti dead-shot, spinning atau bahkan mengambil beberapa benda seperti yang sering dilakukan saat sirkus.


Demikian kumpulan tips dan cara melatih burung parkit agar bisa melakukan atraksi, fly to me, free fly dan trik burung yang lain. Silahkan lihat video cara melatih burung parkit anakan di bawah ini. Semoga bermanfaat!

460 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page